Nama : Rifqiatul Badriyah Kelas : IPA 3
Nim : 24021115811 Tugas : Aksi Nyata Topik 1
1. Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal yang saya pikirkan sebelum memulai proses pembelajaran pada mata kuliah sosialkutur adalah bagaimana supaya saya mampu belajar untuk dapat mengetahui keadaan peserta didik dengan latar belakang, social, budaya yang berbeda-beda disekolah. kemudian juga bagaimana agar supaya ilmu yang saya dapatkan dari mempelajari sosialkutur ini dapat saya terapkan dikelas.
2. Eksplorasi Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Ada topik ini yang saya pelajari dari konsep dalam topik ini adalah Perbedaan pendidikan pada jaman kolonial dan jaman sekarang sangat berbeda sekali. pada jaman kolonial masyarakat pribumi sangat sulit untuk bersekolah, hanya kalangan tertentu yang dapat bersekolah. kurikulum dan fasilitas yang sangat minim, pembelajaran yang diberikan hanya sekedar membaca dan menulis. sedangkan dijaman sekarang pendidikan sangat berkembang pesat, banyak sekolah yang didirikan, dengan fasilitas dan kurikulum yang baik. salah satu contohnya yaitu diindonesia dalam proses menerapkan kurikulum merdeka, dimana pada kurikulum merdeka ini peserta didik diberikan kebebasan untuk dapat memilih sesuai bakat yang peserta didik mampu. sedangkan tugas guru menjadi fasilitator. kemudian fasilitas disekolah jaman sekarang semua memadai untuk proses pembelajaran. dan disinilah tugas guru untuk dapat mengamati dan memahami bagaimana keadaan peserta didik dengan latar belakang, social, budaya yang berbeda-beda disekolah. sehingga diharapakan tidak menghambat proses pembelajaran.
3. Ruang Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi ini di perlihatkan video video yang dapat diamati dengan kelompok untuk melakukan sharing bersama. dalam video tersebut dapat dipelajari lebih lanjut terkait kondisi pendidikan dijaman kolonial untuk mengetahui kondisi terutama tentang pengaruh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik terhadap pendidikan.
4. Demonstrasi Kontekstual : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual adalah mampu berdiskusi dengan tim kemudian mengemukakan pendapat yang berbeda beda sehingga mencapai satu pemikiran yang dapat dituangkan untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama. Selain itu saling belajar bagaimana mempresentasikan hasil yang didiskusikan sehingga dari tim lain yang mendengarkan dapat memahaminya, kemudian saling membantu dan berbagi tugas dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim yang lain.
5. Elaborasi Pemahaman : Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Pada pembelajaran sosiokultur saya mampu memahami hal baru terkait Pendidikan multikulturalisme yaitu menanamkan pentingnya menghargai baik suku, budaya, etnis dan sebagainya. Dengan kata lain bahwa setiap peserta didik itu memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga dalam proses pembelajaran menekankan pada prinsip kebersamaan saling menghormati, menerima dan menghargai perbedaan. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan menyesuaikan kondisi lingkungan atau kondisi sosiokultural yang terdapat di Sekolah. Hal ini bertujuan agar guru dapat merancang kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kondisi sosiokultural yang ada agar kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran dapat terpenuhi. Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana cara menerapkan konsep-konsep dalam pembelajaran sosiokultural ini dalam merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang dapat mendukung keberagaman peserta didik dalam proses pembelajaran
6. Koneksi Antar Materi : Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
7. Aksi Nyata : Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat yang saya dapat pelajari dari topik ini untuk kesiapan saya menjadi guru adalah Saya sebagai guru harus siap menjadi mediator dalam mengembangkan pengetahuan peserta didik dengan menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan juga dalam prosesnya saya harus menyesuaikan dengan keadaan sosial budaya lingkungan belajar peserta didik. untuk skala yang saya berikan yaitu 8 alasannya karena saat ini sedang melakukan PPL disekolah dimana saya mencoba menerapkan dan memahami sosiokultur yang ada pada peserta didik disekolah. saya mempersiapkan salah satunya dengan mempeljari mata kuliah ini diharapkam saya dapat optimal dalam melakukan proses penerapan disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar